Sukses Berbisnis Kost Bermula dari 1 Kamar-Part 2

Apr 22, 2016 No Comments by

Bagaimana mungkin saya membiarkan orang asing tinggal di rumah saya?
Pertanyaan tersebut pasti muncul di benak Anda saat ini. Masalah keamanan dan privasi merupakan hal mendasar yang menyebabkan banyak orang enggan untuk menjalankan bisnis ini walaupun mereka mengetahui melalui info kost bahwa bisnis ini mampu menjadi sumber penghasilan bagi mereka. Untuk itu, kenali siapa tamu Anda sebelum mengizinkannya untuk tinggal di rumah Anda. Mintalah identitas seperti KTP atau paspor dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Anda juga bisa mencari profil tamu Anda di media sosial.

Apabila Anda ragu, jangan segan-segan untuk menolaknya.
Pastikan barang-barang berharga disimpan di tempat yang aman dan apabila Anda khawatir tamu Anda akan merusak perabot Anda atau memecahkan barang pecah belah di rumah Anda, Anda bisa meminta pembayaran di awal dan sejumlah deposit. Pada umumnya deposit yang diminta sebesar 50% dari tarif sewa kamar. Anda juga dapat memasang CCTV di teras, ruang tamu dan tempat-tempat umum lainnya.

Perhatikan pula bahwa di beberapa daerah terdapat kewajiban untuk melaporkan tamu yang menginap. Biasanya pihak RT/RW akan meminta fotokopi KTP tamu Anda. Hal ini memang sedikit merepotkan, namun bisa menjadi pengamanan tambahan bagi Anda dan rumah Anda karena pihak keamanan di lingkungan tersebut akan memberikan perhatian ekstra kepada rumah Anda.

Jam check in dan check out juga harus jelas. Pada umumnya jam check ini dimulai dari jam 1 siang. Apabila Anda bekerja, Anda dapat meminta jam check in setelah Anda pulang kantor. Hindari tamu yang ingin check in lebih dari jam 9 malam agar tidak mengganggu Anda dan keluarga yang sedang istirahat. Jam check out pada umumnya jam 12 siang. Apabila Anda berangkat kerja pagi, Anda bisa meminta tamu untuk menitipkan kunci ke tetangga atau menaruh kunci di kotak yang disediakan.

Mulai menyewakan kamar pertama Anda
Bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, hal pertama yang harus Anda siapkan adalah kamar yang akan disewakan. Pastikan kamar yang akan disewakan layak untuk ditempati. Kamar harus dalam keadaan bersih dan tersedia tempat tidur yang nyaman.

Anda juga dapat menambahkan fasilitas tambahan seperti di kost semarang meja tulis, lemari, AC, televisi dan internet. Intinya adalah tanyakan kepada diri Anda apakah saya akan tidur nyenyak di kamar ini? Bila perlu cobalah untuk tidur di kamar tersebut semalam atau dua malam untuk mencari tahu apa saja yang perlu diperbaiki dari kamar tersebut.

Jangan lupakan kebutuhan dasar tamu Anda seperti kamar mandi dan air minum. Kamar mandi bisa terhubung langsung dengan kamar tidur atau terletak di luar kamar tidur, yang terpenting adalah kamar mandi harus bersih dan wangi. Mengenai air minum, pada umumnya tuan rumah menyediakan dua botol air mineral. Anda juga dapat menawarkan sarapan kepada tamu Anda. Sarapan tidak harus Anda masak sendiri, bisa dibeli dari luar atau cukup menyediakan roti atau sereal dan minuman seperti susu, teh atau kopi.

Nantikan pembahasan selanjutnya di artikel berikutnya, mohon jangan lewatkan artikel sebelumnya diĀ sukses berbisnis kost bermula dari 1 kamar-part 1.

Tips

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Sukses Berbisnis Kost Bermula dari 1 Kamar-Part 2”

Leave a Reply