Persiapan Memasuki Kehidupan Kost Part 3

May 11, 2016 No Comments by

Pembahasan info kost kali ini akan membagikan artikel terakhir sekaligus kelanjutan dari persiapan memasuki kehidupan kost part 2 untuk kalian seputar persiapan kost, mohon disimak baik-baik.

Konsultasi dengan Orang Tua
Meskipun hidup di indekosan, ingin belajar hidup mandiri, namun bukan berarti putus kontak dan tidak bergantung pada orang tua. Sebaiknya, secara rutin tetap menghubungi dan mengirim pesan ke orang tua. Bagaimanapun, sebagai orang tua, pasti mereka tetap memiliki rasa khawatir pada anak-anaknya meskipun mereka sudah dewasa. Dengan berkirim pesan singkat, BBM, telepon dan dengan metode lainnya, orang tua akan merasa tenang mendengar kabar anak-anaknya yang sedang berada di luar kota. Selain itu, tidak ada salahnya juga bertanya dan berkonsultasi ke orang tua tentang segala sesuatu yang dihadapi dan menjadi kendala selama hidup nge-kost.

Bersosialisasi dengan Pemilik Kost, Warga Kost dan Masyarakat Sekitar
Agar tidak kesepian, upayakan bersosialisasi dan bergaul dengan teman-teman kost yang lain, pemilik kost bahkan dengan warga sekitar. Buat acara-acara bersama seperti piknik, belanja, masak bersama untuk menciptakan rasa kebersamaan. Jika pemilik kost menempati rumah yang sama, sering bantu kalau pemilik kost memerlukan bantuan. Siapa tahu akan seperti teman saya yang menjadi pacar anak perempuan pemilik kost dan menikmati fasilitas berbeda dengan penghuni kost yang lain. Selain itu, penting juga bergaul dengan lingkungan warga sekitar. Kalau menurut pepatah Jawa, “Pager mangkok luwih kenceng tinimbang pager tembok” yaitu hidup bergaul dan bersosialisasi dengan tetangga dan warga sekitar akan menimbulkan rasa aman. Kalau misalkan kita sering menolong orang lain, maka kita pasti akan ditolong manakala membutuhkan. Contoh kongkritnya, ikut kerja bakti warga. Selain akan lebih guyub rukun dengan warga, juga akan ada kesempatan mendapatkan konsumsi gratis. Yang terpenting bisa mengatur waktu. Cek juga info kost yogyakarta, banyak kesempatan untuk mempelajari hal ini disini.

Kontak Penting
Karena jauh dari keluarga, berikan kontak penting keluarga dan orang yang dipercaya di tempat indekosan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan atau berita-berita penting lainnya. Hal ini juga diperlukan untuk mengantisipasi kejahatan/penipuan yang seringkali menyasar orang-orang nge-kost dengan menipu bahwa keluarga mengalami kecelakaan dan membutuhkan uang. Selain itu, jika bepergian ke tempat lain, beritahu keluarga dan orang-orang terdekat, misalnya kota yang dituju dan dengan siapa saja, supaya jika ada sesuatu hal bisa dapat ditelusuri. Itulah tips dan pelajaran nge-kost dari saya. Oya jangan lupa lapor RT/RW di lokasi kost ya supaya tidak ada masalah dan aman dalam hal administrasi. Yang penting juga tetap waspada, terutama dengan keamanan barang-barang di kamar. Waspadai setiap orang yang keluar masuk ke lingkungan kost dan jangan pernah lupa mengunci kamar. Kalau sudah selesai nge-kost pasti akan merasa kangen dengan pengalaman-pengalaman yang sudah terlewati. Meskipun dijalani terasa berat, namun dalam beberapa waktu kemudian, semuanya terlihat normal dan lancar-lancar saja, bahkan ngangeni.

Demikian pembahasan kita kali ini, mohon maaf bla ada kata yang tak berkenan bagi anda, semoga berguna untuk anda yang hendak memasuki dunia kost. Sekian dari saya kali ini dan terima kasih atas perhatiannya.

Uncategorized

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Persiapan Memasuki Kehidupan Kost Part 3”

Leave a Reply