Menambah Penghasilan Anak Kost Part 2

Apr 27, 2016 No Comments by

Artikel ini merupakan kelanjutan dariĀ menambah penghasilan anak kost part 1

2. Menjual Barang (Dropship dan Reseller)

Berdasar data dari info kost, jenis usaha yang satu ini merupakan yang paling sering saya temui di kalangan rekan-rekan mahasiswa dan anak kost. Untuk barang yang akan dijual anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan apakah itu preferensi karena kesukaan, margin harga yang bagus, atau anda sudah memiliki koneksi dengan penjual barang tertentu. Jika tidak memiliki barang sendiri, anda bisa menggunakan sistem reseller dan dropship yang dibuka oleh beberapa penjual.

Bagi anda yang belum tahu tentang sistem reseller dan dropshipper, saya akan menjelaskan sedikit. Kedua sistem ini sebenarnya hampir sama, yang membedakan hanya proses pengiriman barangnya saja. Untuk dropshipping, penjual tidak perlu memiliki stok barang terlebih dahulu. Jika ada orang yang membeli, penjual bisa langsung menghubungi supplier barang untuk mengirimkannya kepada pembeli dengan atas nama penjual. Skema sederhananya bisa anda lihat dibawah ini :

Pembeli Menghubungi Penjual > Penjual Menghubungi Supplier > Supplier Mengirim Atas Nama Penjual > Pembeli Menerima Barang

Untuk sistem reseller, penjual harus mengirim barang sendiri ke pembeli dengan terlebih dahulu membeli barang dari supplier dengan harga khusus untuk reseller. Untuk skema sederhananya bisa anda lihar dibawah ini :

Pembeli Menghubungi Penjual > Penjual Membeli dan Ambil Barang Dari Supplier > Penjual Mengirim Barang ke Pembeli

Sistem mana yang anda gunakan tergantung pada Supplier yang menjadi relasi anda. Pastikan anda membandingkan harga per supplier untuk mendapatkan margin harga yang bagus.

3. Freelance Sesuai Dengan Keahlian

Secara singkat, pengertian freelance adalah menjual keahlian yang anda miliki tanpa terikat sebagai pekerja pada instansi manapun. Freelance sangat direkomendasikan untuk anda yang memiliki keahlian khusus dan spesifik. Saya berikan contoh freelance dalam lingkup teknologi dan informasi seperti keahlian dalam bidang desain grafis (pembuatan logo, vektor), pembuatan game dan aplikasi, jasa SEO (search engine optimization), pembuatan website. Banyak juga anak kost jakarta yang melakukan pekerjaan ini dan tak ayal lagi rupiah banyak mebgalir ke tabungan mereka.

Dengan melakoni pekerjaan sampingan yang sesuai dengan bidang dan hobi yang anda sukai, tentunya akan lebih menyenangkan bukan. Kalau kata Pak Ridwan Kamil, pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar.

Tips

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Menambah Penghasilan Anak Kost Part 2”

Leave a Reply